SCHOOLMEDIA NEWS, Depok - Pemerintah Kota Depok berusaha memperbaiki layanan publik dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat.
"Salah satu fokus utama dalam reformasi birokrasi adalah peningkatan pelayanan publik dengan memberikan kemudahan kepada masyarakat," kata Sekretaris Daerah Kota Depok Hardiono di Depok, Jawa Barat, Jumat, 12 Juli 2019.
Pelayanan itu, kata Hardiono, termasuk menyediakan pelayanan khusus untuk menangani berbagai aduan dari masyarakat. Seperti panggilan darurat 112 dan 119.
Asisten Deputi Kementerian Sekretaris Negara Adianti ketika mengunjungi Balai Kota Depok mengatakan bahwa Kota Depok merupakan salah satu kota yang berprestasi. Predikat tersebut antara lain dibuktikan dengan perolehan predikat B pada penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) tahun 2018.
"Selain itu, Kota Depok juga meraih penghargaan Indonesia's Attractivenes Award (IAA) sebagai Kota Terbaik dalam kategori pelayanan publik serta peringkat pertama penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Kota tahun 2019," kata Adianti.
Pemberian penghargaan-penghargaan itu juga yang mendorongnya untuk meninjau langsung sistem pelayanan publik di Kota Depok, termasuk menyambangi Depok City Operation Room (DeCOR) serta loket pelayanan di lantai 1 gedung Dibaleka II.
"Ternyata di sini pelayanan publiknya sudah sangat baik. Selain petugasnya yang ramah, ruangannya juga nyaman serta pelayanannya sudah berbasis aplikasi," ujarnya.
250 Karakter tersisa