Bendungan Sampean Baru di Bondowoso Jadi Terindah dan Termegah di Dunia

Foto: feiertage85.blogspot.com

 

Schoolmedia News, Bondowoso – Bendungan berfungsi sebagai penahan laju air untuk waduk, danau atau digunakan untuk mengalirkan air ke pembangkit listrik. Namun, berbeda dengan bendungan di Bondowoso yang dibangun dengan megah dan indah sehingga menjadi salah satu destinasi wisata bagi para pelancong. Bahkan, bendungan ini termasuk ke dalam jajaran bendungan terindah dan termegah di dunia.

Bendungan ini adalah Bendungan Sampean Baru di Desa Bunotan, Kecamatan Tapen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Bendungan ini diresmikan pada tahun 1983 dan populer dijadikan tempat wisata karena menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Menurut Water Resources Data Center Kementerian PUPR, bendungan ini terbentang di wilayah sungai Pekalen-Sampeyan, dengan daerah aliran sungai Sampean dan dibangun mulai tahun 1979.

Selain itu, bendungan lain yang dinobatkan memiliki konstruksi yang megah ialah Robert Bourassa Dam di Kanada, yang tangga aksesnya dibangun di tengah tebing penuh pepohononan. Bendungan ini dibangun pada tahun 1974 hingga 1981. Lalu bendungan lainnya ialah Fort Peck Dam di Amerika Serikat. Dibangun pada tahun 1933, bendungan ini diapit oleh pepohonan. Bendungan ini juga dilengkapi dengan jembatan bagi para pelancong untuk melihat dan memotret arus air di sana.

 

Baca jugaPemerintah Tulungagung, Tetapkan Dam Cluwok Peninggalan Belanda Jadi Monumen Pengairan

 

Pakistan juga punya bendungan terindah yaitu Tarbela Dam yang diresmikan tahun 1976. Uniknya, bendungan ini terlihat seperti air terjun sehingga memancarkan aura yang menyejukkan. Terakhir ialah bendungan Sayano Shushenskaya di Rusia. Bendungan ini terbentang di sungai Yenisei dan dibangun pada tahun 1961. Pembangkit listrik di bendungan ini merupakan yang terbesar di Rusia dan ke-9 terbesar di dunia.

Untuk menikmati keindahan Bendungan Sampean Baru, dari Kota Bondowoso butuh waktu sekitar 45 menit untuk menuju lokasi. Akses jalan menuju lokasi ini sudah cukup bagus. Untuk jam bukanya sendiri, Bendungan yang satu ini buka selamat 24 jam alias tidak pernah tutup, bagi kamu yang berasal dari luar kota dan ingin pergi kesini, bebas untuk berangkat pukul berapapun, dan untuk harga tiketnya sendiri kamu tidak perlu membayar alias gratis.

Komentar

250 Karakter tersisa