Peneliti Ungkap, Menyatakan Cinta Membuat Tubuh Sehat

Foto: Unsplash

 

Schoolmedia News, Jakarta – Pernahkah kamu menyatakan cinta pada seseorang yang kamu sukai dalam hidupmu? Jika pernah, pasti perasaan dan pengalaman itu sangat mendebarkan. Cinta merupakan sebuah perpaduan antara emosi, kasih sayang yang kuat serta ketertarikan pribadi. Filosofi cinta itu sendiri adalah sifat yang mewakili kebaikan, perasaan belas kasih dan juga kasih sayang.

Selain mengungkapkan rasa cinta dengan tindakan nyata atau kegiatan yang bisa mempererat hubungan. Tapi tahukah kamu bahwa ada fakta unik dibalik aksi menyatakan cinta? Penelitian mengungkapkan bahwa menyatakan cinta memiliki manfaat kesehatan. Sebuah penelitian yang dilakukan profesor Kory Floyd dari Arizona State University menemukan bahwa mengomunikasikan perasaan cinta kepada orang lain melalui kata-kata ternyata memberikan manfaat kesehatan secara positif.

Beberapa manfaat kesehatan yang didapatkan seperti menurunkan kadar stres, kolesterol, tekanan darah dan menguatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit. Floyd menjelaskan bahwa manfaat ini terjadi ketika kasih sayang tidak hanya dirasakan tapi juga diungkapkan seperti dilansir dari Arizona State University Studies, Selasa (16/2/2021). 

Ada banyak cara menunjukkan rasa cinta, mulai dari pelukan, belaian di kepala, menggenggam tangan, mencium dan bahkan yang paling sederhana adalah dengan kata-kata yang tulus dari hati. Kalimat seperti 'Aku mencintaimu' atau 'Aku sayang kamu', mungkin terdengar geli di telinga jika kamu tak terbiasa.

 

Baca jugaAlasan Mengapa Perempuan Tak Boleh Stres selama Hamil

 

Tapi beberapa orang nyatanya lebih menyukai bahasa cinta yang ditunjukkan lewat ucapan atau kata-kata dibandingkan tindakan karena menurut mereka, cinta itu bisa lebih terasa ketika dikatakan daripada dipendam sendiri. Kata-kata cinta inilah yang kemudian akan memicu pelepasan oksitosin (hormon cinta) dari otak ke seluruh tubuh sehingga tubuh merasa lebih tenang dan bahagia karena ada seseorang yang menyayanginya. 

Uniknya lagi, kamu tetap bisa mendapatkan manfaat kesehatan dengan mengungkapkan cinta meskipun orang tersebut tidak membalas cinta tersebut. Dalam uji cobanya, Floyd meminta partisipan untuk menuliskan surat yang mengungkapkan rasa cinta atau isi hati. Hasilnya, dengan mengungkapkan cinta, partisipan menunjukkan penurunan kadar stres lebih cepat dibandingkan orang yang hanya memikirkan orang yang dicintainya dan tidak melakukan apa-apa.

Hal ini cukup masuk akal, karena bahkan jika cintamu tak terbalas, ada perasaan lega telah melepaskan beban mencintai seseorang secara diam-diam. Menahan cinta karena rasa malu sebenarnya lebih menyiksa dibandingkan berani mengatakannya. Jadi, baik kamu ingin menunjukkan rasa cinta pada pasangan atau ingin perasaanmu diketahui orang yang kamu sukai, lebih baik ungkapkan lewat kata-kata, karena ternyata itu baik untuk kesehatanmu.

Komentar

250 Karakter tersisa