Antusiasme Ribuan Siswa SD/SMP Ikuti Kompetisi Olahraga Siswa Nasional Secara Daring

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Puspresnas Asep Sukmayadi membuka Penilaian Babak Penyisihan KOSN Pendidikan Dasar secara daring, Senin, (9/11/2020), Foto: Kemdikbud

 

Schoolmedia News, Tangerang - Di tengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia, Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) tetap dilaksanakan meskipun secara daring. Pelaksanaan ini tidak menyurutkan antusiasme para siswa berlomba untuk menjadi yang terbaik. KOSN jenjang pendidikan dasar yang saat ini memasuki babak penyisihan diikuti 1.249 siswa sekolah dasar (SD) dan 1.379 siswa sekolah menengah pertama (SMP).

KOSN dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Para juri KOSN berkumpul di Hotel Grand Soll Marina Tangerang untuk menentukan peserta yang akan maju ke babak final, pada 9-13 November 2020. Babak final KOSN dijadwalkan berlangsung pada awal Desember 2020.

 

Baca juga: Kemdikbud Gelar 5 Webinar Gratis Asah Kemampuan Guru, Ini Jadwalnya

 

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Puspresnas Asep Sukmayadi mengatakan, pihaknya gembira dengan antusiasme siswa mengikuti KOSN, dengan cara mengirimkan video dan mengunggah di sistem yang telah disiapkan. 

"Saya gembira para siswa SD dan SMP antusias mengikuti KOSN. Lebih dari dua ribu video telah diunggah. Sebelumnya pada KOSN pendidikan menengah pesertanya juga luar biasa," kata Asep Sukmayadi ketika membuka Penilaian Babak Penyisihan KOSN Pendidikan Dasar secara daring, Senin, 9 November 2020, seperti dilansir dari laman Kemdikbud.

Asep Sukmayadi berharap para juri dapat menentukan peserta terbaik yang akan maju ke babak final. Asep juga berterima kasih kepada para orang tua yang telah mendampingi putra-putrinya dalam merekam video dan mengirimkannya ke panitia KOSN. 

Semua peserta, baik yang nantinya lolos ke babak final maupun tidak lolos tetap harus semangat untuk berprestasi di bidang olahraga.

"Kegiatan ini sampai menjangkau ke pelosok-pelosok ke akar rumput dan kemudian mereka tampil di lingkungan terdekatnya didampingi oleh orang tua. Ini adalah sesuatu yang membanggakan. Ini kabar gembira bahwa di olahraga, ini bisa kita lakukan," kata Asep.

 

Baca juga: Gali Potensi Anak Berkebutuhan Khusus Lewat Lomba Keterampilan Siswa Nasional

 

Tahun ini, KOSN hanya mempertandingkan dua cabang olahraga yaitu karate dan pencak silat. Tujuan KOSN antara lain untuk menumbuhkembangkan bakat dan minat siswa berbasis penguatan karakter dan menumbuhkan nilai-nilai luhur olahraga. 

Selain itu KOSN juga bertujuan untuk menumbuhkembangkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air, serta menjalin solidaritas dan persahabatan antarsiswa di seluruh Indonesia. 
 

Komentar

250 Karakter tersisa