Pelibatan Perempuan Wujudkan Kesetaraan Gender dan Pembangunan Berkelanjutan

 

Schoolmedia News Jakarta ----  Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga menyampaikan bahwa Pemerintah Indonesia terus mendorong berbagai pihak untuk menciptakan inklusi sosial, serta memajukan kesetaraan dan keadilan gender melalui berbagai komitmen dan praktik baik.

Menurut Menteri PPPA, hal ini dikarenakan perempuan memiliki potensi dan kontribusi besar bagi sekitarnya. Pelibatan perempuan juga menjadi penting dalam mewujudkan kesetaraan gender dan pembangunan berkelanjutan.


”Negara sejak awal telah menginstruksikan setiap sektor pembangunan untuk mengedepankan prinsip kesetaraan, keadilan, dan inklusivitas. Hal ini bukannya tanpa alasan, sebagaimana yang kita semua ketahui, potensi perempuan bagi tanah air tidak bisa dipandang sebelah mata. Perempuan memiliki kontribusi besar mulai dari keluarga, lingkungan, hingga bangsa dan negara. Pelibatan perempuan dalam menyuarakan perubahan, dan turut berperan dalam pengambilan keputusan juga menjadi hal yang penting dalam mewujudkan kesetaraan gender dan mendorong pembangunan berkelanjutan,” tutur Menteri PPPA, dalam Acara ”Anugerah Gatra Citra Perempuan Indonesia 2023” di Jakarta, Kamis (23/2).


Menteri PPPA menambahkan bahwa untuk menciptakan inklusi sosial, serta memajukan kesetaraan dan keadilan gender tersebut, KemenPPPA terus bersinergi dengan berbagai unsur untuk memberantas kesenjangan gender yang masih dialami oleh sebagian besar perempuan Indonesia. Peningkatan kapasitas kepemimpinan perempuan juga terus dilakukan agar perempuan-perempuan Indonesia lebih percaya diri dalam berpartisipasi, dan menyuarakan aspirasi perempuan di berbagai tahapan proses pembangunan, mulai dari tingkat nasional hingga akar rumput.


”Kami tentunya tidak bisa bekerja sendiri, kolaborasi antar pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh politik, lembaga masyarakat, dan organisasi pemerhati perempuan, sangatlah diperlukan dalam membumikan kesetaraan gender, memastikan kebijakan/program perlindungan perempuan benar-benar menyasar secara tepat, dan terus menciptakan perempuan-perempuan yang berdaya, para ibu bangsa pembuat perubahan,” tutur Menteri PPPA.


Lebih lanjut, Menteri PPPA menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang setinggi - tingginya kepada Gatra Media Group dan Yayasan Duta Indonesia Maju yang sudah menjadi salah satu mitra terbaik KemenPPPA dalam berbagai upaya pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.


Pada kesempatan ini, Menteri PPPA juga turut menyerahkan penghargaan kepada 14 (empat belas) penerima penghargaan Anugerah Gatra Citra Perempuan Indonesia 2023. Menteri PPPA berharap penghargaan ini dapat melahirkan lebih banyak lagi perempuan hebat yang dapat menjadi inspirasi, serta mendorong perubahan bagi pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender.


”Pada kesempatan yang sangat baik ini, saya beserta jajaran KemenPPPA menyampaikan apresiasi dan dukungan terhadap terselenggaranya Anugerah Gatra Citra Perempuan Indonesia 2023. Melalui penganugerahan ini, kami berharap akan lahir lebih banyak lagi para perempuan hebat, yang tidak hanya menjadi inspirasi bagi kita bersama, namun juga menjadi agen perubahan yang berkontribusi bagi pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender di berbagai bidang,” tutur Menteri PPPA.


Founder Yayasan Duta Indonesia Maju, Lisa Ayodia, menyampaikan dari 14 (empat belas) perempuan yang menerima penghargaan Anugerah Gatra Citra Perempuan Indonesia 2023, dapat terlihat sebagian dari sekian banyak upaya yang dilakukan perempuan-perempuan Indonesia diantaranya yaitu, perempuan yang mempunyai terobosan dalam dunia kesehatan, perempuan yang menanamkan semangat nilai-nilai nasionalisme, perempuan yang menyejahterakan masyarakat, perempuan peduli pada pengembangan ekosistem energi bersih dan berkelanjutan, perempuan yang mempunyai pengaruh baik pada lingkungan sosial, perempuan yang peduli terhadap konsep lingkungan hijau, perempuan mandiri yang mempunyai semangat inovasi dan pengembangan usaha, perempuan yang bergerak di bidang pendidikan dan komunikasi, diplomasi batik juga mendapatkan satu perhatian khusus, perempuan profesional yang berhasil dalam mengembangkan bisnis retail perempuan yang bermanfaat bagi masyarakat, perempuan pengabdi kemanusiaan, dan perempuan pemberi wawasan masa depan yang cerah kepada bangsa Indonesia tercinta.


“Penghargaan ini merupakan apresiasi yang luar biasa bagi perempuan di Indonesia dan saya rasa penghargaan ini tidak cukup karena saya rasa para perempuan yang menerima penghargaan ini sangat berdedikasi dan mereka menjadi inspirasi bagi perempuan-perempuan Indonesia yang lainnya. Mudah-mudahan apa yang sudah dilakukan akan terus diikuti oleh para perempuan di Indonesia sehingga Indonesia menjadi lebih baik lagi,” ujar Direktur Gatra Media Group, Hendri Firzani.

 

Komentar

250 Karakter tersisa