7 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Foto: Unsplash

 

Schoolmedia News, Jakarta – Pendidikan adalah salah satu hal yang sangat penting bagi kehidupan seseorang, tidak hanya itu pendidikan juga berperan besar bagi kemajuan dan perkembangan sebuah bangsa. Sebuah bangsa yang maju dan besar tentu ditunjang dengan kualitas pendidikan yang memadai bagi warganya. Biasanya, negara-negara maju dan makmur di dunia juga memiliki sistem pendidikan yang baik dan profesional.

Pendidikan dan ilmu pengetahuan juga merupakan sesuatu yang dikejar oleh banyak orang. Dengan pendidikan yang baik, kualitas kehidupan seseorang juga diharapkan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Pendidikan membantu seseorang untuk meraih pemahaman dasar tentang peradaban dan peran mereka sebagai warga sipil. Tetapi karena wilayah geografis berbeda, sistem pendidikan di berbagai negara berbeda.

Sebuah lembaga penelitian bernama The Social Progress Imperative merilis hasil penelitian tentang tingkat pendidikan di seluruh dunia yang tersaji melalui Index Kemajuan Sosial. Berikut negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia seperti Schoolmedia News rangkum dari berbagai sumber.

 

1.    Australia
Australia adalah salah satu negara makmur dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Bahkan, ada banyak orang dari berbagai negara yang melanjutkan studi formal di negeri berpenduduk 26 juta jiwa tersebut. Laman Study in Australia mencatat bahwa sistem pendidikan di Negeri Kanguru tersebut dibuat seragam untuk menjaga kualitasnya. Masih dari laman yang sama, anak yang telah berusia 6 tahun diwajibkan mengikuti jenjang pendidikan di sekolah dasar. Jenjang pendidikan menengah juga diwajibkan bagi seluruh warga negara yang telah menempuh pendidikan dasar. Biasanya, anak berusia 6 - 16 tahun akan duduk di bangku sekolah pada tahun 1 sampai tahun 9 atau 10.

 

2.    Belanda
Belanda tidak mau kalah dalam menciptakan sistem pendidikan untuk menjadi salah satu yang terbaik di Eropa dan bahkan dunia. Menurut Organisasi Pendidikan Belanda (Nuffic), ada lebih dari 50 persen sekolah di Belanda yang menggunakan sistem komunikasi bilingual atau dwibahasa, yakni bahasa Inggris dan tentu juga bahasa Belanda. Tujuan dari komunikasi ini adalah untuk mempersiapkan generasi muda Belanda dalam persaingan global yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Jadi, tak mengherankan anak-anak di Belanda sudah bisa menguasai bahasa asing seperti bahasa Inggris, Prancis, dan bahkan Jerman.

 

Baca jugaJenis Pekerjaan yang Bisa Dilihat Dari Tipe Kepribadian

 

3.    Jerman
Ada banyak siswa atau pelajar dari seluruh dunia yang mendaftarkan diri untuk bersekolah di Jerman. Biasanya, studi lanjutan seperti kedokteran spesialis, automotif, teknik mesin, ilmu penerbangan, dan perkapalan menjadi market terbesar Jerman untuk urusan studi dan pendidikan. Bahkan, menurut jurnal sains yang diterbitkan dalam laman NCBI, sekolah kedokteran di Jerman masih menjadi favorit bagi banyak orang di dunia. Tak mengherankan jika kamu sering melihat dokter atau ahli medis kelas dunia dulunya pasti sempat mengenyam pendidikan di Jerman.

 

4.    Israel
Israel merupakan salah satu negara dengan populasi berpendidikan terbesar di dunia. Sekitar 49,90 persen warga Israel memiliki latar belakang pascasarjana atau studi lanjutan pada bidang keilmuan tertentu. Posisi ini bahkan jauh melampaui posisi Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa. Data yang diambil dari Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) tersebut juga menilai sebaik apa sistem pendidikan universitas di Israel. Di Israel ada banyak universitas kelas dunia yang biasa dipilih oleh kalangan akademisi dari seluruh dunia.

 

5.    Amerika Serikat
Nama-nama universitas kelas dunia macam Harvard, Stanford, Johns Hopkins, dan masih banyak lagi merupakan bukti bahwa Negeri Paman Sam memiliki sistem pendidikan yang diakui sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Hampir semua ilmu terapan dan eksak bisa dipelajari dengan detail di sekolah-sekolah lanjutan Amerika Serikat (AS). Namun, biaya untuk mengenyam pendidikan di negara berpopulasi 330 juta jiwa tersebut juga cukup mahal. Itu sebabnya, ada banyak siswa siswi yang menggunakan fasilitas beasiswa pada saat mereka melanjutkan studi ke Amerika Serikat.

 

Baca juga3 Cara Cheat Day Agar Diet Tidak Berantakan

 

6.    Kanada
Negara berpopulasi 40 juta jiwa ini juga menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Bahkan, menurut berita yang dimuat dalam laman Daily Hive Vancouver, Kanada menjadi negara yang menempati peringkat ke-3 terbaik dunia khusus untuk urusan pendidikan dan studi lanjutan. Sistem pendidikan di Kanada juga terbilang sangat profesional namun tidak memberatkan anak-anak didik dengan beban tugas yang begitu banyak. Guru dan staf pengajar harus fokus dan menguasai pada bidangnya masing-masing. 

 

7.    Jepang
Jepang adalah negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia dan bahkan menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Tidak kalah dengan Eropa atau Amerika, sistem pendidikan di Jepang menerapkan profesionalisme yang sangat pakem dan mereka akan menerapkan peraturan dengan standar terbaik untuk kemajuan bangsa mereka.

Disiplin, etos kerja, kemauan kuat, dan kecerdasan dalam menciptakan teknologi adalah beberapa kunci yang menjadikan Jepang menjadi salah satu negara makmur di dunia. Khusus di bidang teknologi, Jepang memiliki lembaga pendidikan tinggi atau kosen yang berfokus pada pelajaran dan penerapan teknologi lanjutan dengan sangat detail.

Komentar

250 Karakter tersisa