6 Cara Menghilangkan Jerawat Punggung dengan Efektif

Foto: Unsplash

 

Schoolmedia News, Jakarta -  Tak hanya muncul di wajah, jerawat juga bisa muncul di bagian tubuh lain, termasuk di punggung. Penyebab munculnya jerawat di punggung umumnya tidak berbeda dengan penyebab munculnya jerawat di wajah atau di bagian tubuh lainnya. Jerawat bisa muncul ketika folikel atau tempat tumbuhnya rambut di kulit tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak alami kulit atau sebum.

Penyumbatan pori-pori kulit ini yang mengakibatkan bakteri berkumpul di bawah kulit. Jika ada peradangan, maka jerawat punggung bisa terjadi. Ada yang bilang jerawat punggung bisa muncul karena sering berkeringat dan kurang bersih saat membersihkan punggung. Namun, jika kamu merasa tidak melakukan keduanya, apa yang harus dilakukan untuk menghilangkan jerawat punggung yang membandel?

Berikut cara menghilangkan jerawat punggung yang Schoolmedia News rangkum dari berbagai sumber.

 

1.    Ubah urutan mandi
Menurut Noëlle Sherber, MD, asisten klinis profesor dermatologi di George Washington University, saat kamu membilas rambut setelah keramas, maka sisa sampo dan kondisioner akan mengalir ke belakang dan dapat menyumbat pori-pori di punggung. Jadi, sebaiknya keramas dulu, baru setelah itu mandi dan bersihkan seluruh tubuh, termasuk punggung.

 

Baca jugaBenarkan Makan Gorengan Bisa Buat Wajah Cepat Tua?

 

2.    Rutin ganti shower puff
Shower puff basah adalah tempat berkembang biak utama bagi bakteri dan bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat punggung. Jadi, disarankan untuk menggantinya setiap tiga minggu atau langsung ganti saat kamu melihat ada jamur dan sudah berbau tidak sedap.

 

3.    Gunakan sikat untuk menggosok punggung
Sangat sulit untuk membersihkan dan menggosok punggung sendiri. Untuk itu, sebaiknya gunakan sikat bergagang panjang yang akan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati penyumbat pori-pori di punggung.

 

4.    Beri moisturizer dan obat jerawat
Dr. Noëlle mengatakan bahwa kulit yang berjerawat, di mana pun berada, membutuhkan kelembaban karena dehidrasi bisa membuat kelenjar minyak terlalu banyak memproduksi. Jadi, jangan malas untuk memberikan moisturizer sampai punggung dan obat jerawat yang kamu gunakan di wajah, jika perlu.

 

5.    Konsultasi dengan dengan dokter
Jika jerawat punggung sudah sangat menganggu dan sudah mencoba berbagai cara untuk menghilangkannya tetapi tidak berhasil, sepertinya sudah waktunya berkonsultasi dengan dokter kulit, yang akan memberikan resep lebih tepat untuk membantu kamu terbebas dari jerawat di punggung.

Komentar

250 Karakter tersisa