6 Aktivitas untuk Isi Liburan Sekolah yang Bisa dilakukan di Rumah

Foto: Unsplash

 

Schoolmedia News, Jakarta - Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung memaksa membatasi mobilitas ke luar rumah. Anak-anak pun demikian. Belajar, bermain, dan berlibur, semua lebih banyak dilakukan di rumah untuk menghindari penyebaran virus corona baru yang variannya makin beragam. Tapi, saking lamanya di rumah, mungkin anak-anak sudah sangat bosan. Orangtua mau tak mau harus lebih kreatif menghadirkan aktivitas yang menyenangkan bagi anak, terutama untuk mengisi liburan sekolah. Lantas, apa saja aktivitas ramah anak yang menyenangkan untuk dilakukan di rumah? Berikut enam di antaranya seperti dilansir dari laman AsiaOne, Jumat (4/6/2021)

 

1. Membaca Buku
Membaca adalah keterampilan dasar yang dibutuhkan anak-anak untuk menambah ilmu pengetahuan. Banyak manfaat seperti pengembangan kosakata dan pemikiran analitis yang lebih kuat dalam membaca buku. Berilah waktu membaca buku kepada anak Anda selama satu jam setiap hari. Agar lebih menyenangkan, Anda para orangtua perlu terlibat dalam membacanya bersama-sama, khususnya bila anak masih kecil. Jangan lupa untuk menyediakan berbagai bahan bacaan dan membuat sudut baca yang nyaman di rumah.
 
2. Menjadi Ilmuwan
Aktivitas ramah anak ini sangat menyenangkan untuk dilakukan bersama-sama. Walaupun berada di rumah, anak-anak bisa melakukannya dengan mempelajari sains klasik untuk menikmati keajaiban yang tak terduga. Ada banyak tutorial di YouTube yang bisa disimak dan diikuti, mulai dari mengkristalisasi permen batu hingga mengajari mereka tentang formasi batuan. Anda juga bisa ikut belajar bersama anak-anak yang menyenangkan.

 

Baca jugaInovasi Pendidikan di Sorong, SDM Jadi Kunci Kemajuan Papua


 
3. Permainan Tradisional
Indonesia memiliki banyak permainan tradisional yang menarik. Anda bisa memanfaatkan liburan sekolah ini dengan mengajari anak permainan yang lama terlupakan, seperti congklak, kelereng, dan lompat tali. Hal itu tidak hanya akan membantu melestarikan sedikit warisan budaya, tetapi juga mengasah pemikiran dan refleks yang cepat.
 
4. Berpiknik di Rumah
Aktivitas ramah anak selanjutnya adalah berpiknik bersama. Hanya dengan permadani atau selimut untuk diletakan di halaman rumah, Anda bisa melakukan piknik bersama anak-anak. Tak lupa untuk tambahan makanan ringan seperti salad segar dan camilan, Anda juga bisa mebawa bantal untuk tidur-tiduran santai. Jika Anda ingin menghindari kerepotan, pesanlah satu set jasa pelayanan piknik yang dipercayai. Tentu, ada biaya yang harus dikeluarkan untuk itu.
 
5. Buat Kerajinan Tangan
Jangan lupa untuk melakukan aktivitas seni dan kerajinan bersama anak-anak di rumah. Kegiatan ini bisa mengeksplorasi kreativitas mereka. Aktivitas seni dan kerajinan juga menumbuhkan imajinasi sang anak agar lebih kuat. Banyak cara untuk melakukannya. Anda bisa mencari ide kerajinan di situs video berbagi. Gunakan barang-barang yang ada di rumah agar tidak perlu keluar uang tambahan sekaligus memanfaatkan barang-barang bekas.
 
6. Desain Baju Baru
Apabila anak memiliki baju polos yang belum terpakai, atau baju lama yang sudah membosankan, cobalah minta ke anak untuk mendesain bajunya sendiri dengan menggunakan krayon dan pensil warna. Hal ini berguna untuk anak agar mendorong ide kreatif dan imajinasi agar lebih kuat. Anda perlu membantunya sedikit tanpa mengubah desain anak Anda agar hasilnya lebih memuaskan. Jangan lupa untuk dipakaikan ke anak Anda agar senang dan bangga akan hasil karyanya sendiri. 

Komentar

250 Karakter tersisa