5 Tips Belajar Online Supaya Lebih Efektif Saat Pandemi

Foto: Unsplash

 

Schoolmedia News, Jakarta - Di Indonesia, sudah lebih dari 5 bulan kegiatan belajar mengajar dilakukan dari rumah. Mempertimbangkan efektivitas, keamanan dan kenyamanan, metode pembelajaran online secara penuh menjadi pilihan di tengah pandemic virus Corona. Masa pandemi membuat jumlah pertemuan tatap muka di sekolah dibatasi, atau bahkan total tidak ada. 

Namun bukan berarti esensinya untuk memahami materi menjadi berkurang, justru pada kesempatan ini kita harus bisa memanfaatkannya secara maksimal meskipun sekolah dilakukan secara daring. Perubahan metode pembelajaran menjadi online saat ini tentu menjadi tantangan menghadapi new normal bagi penyedia layanan maupun penggunanya.

Tanpa melibatkan adanya tatap muka, artinya para pengajar tidak bisa mengawasi secara langsung bagaimana anak melakukan proses pembelajaran. Sehingga dituntut kemandirian belajar dalam sistem e-learning. Di beberapa sekolah dan kampus juga memilih melakukan kelas virtual melalui panggilan video. Berikut tpis belajar online yang efektif yang Schoolmedia News lansir dari berbagai sumber.

 

Baca jugaKurangi Limbah, H&M dan Danone AQUA Ciptakan Pakaian dari Sampah Botol Plastik

 


1.    Disiplin membuat reminder jadwal kelas online
Pembelajaran jarak jauh bukan berarti membuatmu menjadi lalai melakukan tanggungjawabmu sebagai siswa/mahasiswa. Catat jadwal setiap mata pelajaran yang diikuti di dalam notes, smartphone, laptop dan agenda yang akan segera kamu jalani. Hal ini penting karena meskipun jarak jauh, kelas online akan tetap terpantau dengan kehadiran dan sistem absensi yang dilakukan secara online. 

 

2.    Tepat waktu dalam mengumpulkan tugas
Untuk kondisi saat ini yang diperlukan tidak hanya disiplin mengatur jadwal, tetapi termasuk saat mengumpulkan tugas. Selesaikan tugas secara tepat waktu sesuai dengan instruksi guru/dosen yang bersangkutan. Karena pertemuan tatap muka dikurangi, maka pengumpulan tugas menjadi komponen penting untuk penilaian. 

 

3.    Konsentrasi dan fokus menyimak materi perkuliahan
Saat belajar di rumah kita harus tetap bersemangat untuk menyimak materi secara serius, misalnya menggunakan headphone yang membantumu untuk mendengar lebih seksama, sehingga konsentrasi dan fokus saat mendengarkan materi yang diberikan. Lagipula, guru/dosen akan senang dan merasa tidak percuma mengumpulkan materi yang diberikan.

 

Baca jugaPerlu Diperhatikan, Ini 4 Makanan yang Membuat Cepat Tua

 

4.    Mencatat materi-materi penting 
Tak hanya piawai menyimak saja, sebagai siswa/mahasiswa kita harus tetap fokus untuk mencatat poin-poin penting tentang setiap materi yang disampaikan, supaya lebih mudah diingat dan dimengerti buatlah catatan digital atau secara tertulis. 

 

5.    Cari ruangan yang sepi dan nyaman untuk belajar
Saat di rumah, sangat memungkinkan terjadinya hal-hal yang dapat menjadi distraksi saat menyimak pembelajaran. Misalnya suasana yang ramai atau aktivitas rumah tangga. Pilihlah sudut ruangan yang membuatmu merasa nyaman dalam berpikir dan konsentrasi agar mempermudah dirimu untuk menyerap ilmu-ilmu yang dipaparkan oleh guru/dosen.

Komentar

250 Karakter tersisa