5 Kelebihan Pendidikan Vokasi Dibandingkan dengan Pendidikan Sarjana

Foto: Unsplash

 

Schoolmedia News, Jakarta – Melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan memang sangat menjadi kebanggaan tersendiri, hal ini juga akan menjadi jembatan karier untuk jenjang hidup kedepannya. Selain sarjana, ada beberapa jenjang perkuliahan lain yang bisa dipilih, seperti diploma satu (D1) hingga diploma empat (D4) yang termasuk dalam pendidikan vokasional. Pendidikan vokasional merupakan pendidikan berkurikulum pelajaran praktik lebih besar dibandingkan dengan teorinya.

Pendidikan kejuruan atau vokasi menjadi pilihan sekolah yang tepat di era globalisasi. Perguruan Tinggi banyak yang membuka program sarjana terapan untuk lulusan SMA yang ingin fokus pada pendidikan vokasi. Jangan heran kalau lulusan vokasi lebih banyak dibutuhkan perusahaan karena dianggap lebih siap terjun ke dunia kerja. Maka dari itu, jenjang pendidikan ini pada dasarnya memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan pendidikan sarjana. Berikut kelebihan pendidikan vokasi yang perlu diketahui.

 

1.    Mempelajari hal-hal yang lebih spesifik
Mempelajari hal-hal yang lebih spesifik dengan sistem belajar praktik merupakan salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh pendidikan vokasi. Ini jelas berbeda dengan sistem pembelajaran pendidikan S1 yang lebih terfokus pada hal-hal teoritis.

 

Baca jugaDorong Pertanian, Pemerintah Rehabilitasi Daerah Irigasi di NTB dan NTT

 

2.    Pelajarannya lebih applicable di dunia kerja
Dengan pendidikan yang terfokus pada praktik, bisa dikatakan bahwa pelajaran dalam pendidikan vokasi lebih mudah diterapkan dalam dunia kerja. Meski tak memiliki pemahaman luas mengenai teori, akan tetapi lulusan dari jenjang ini lebih siap untuk kerja.

 

3.    Sudah terbiasa dengan dunia kerja
Menerapkan konsep pembelajaran secara praktik dalam pendidikan vokasional, membuatmu terbiasa dengan dunia kerja. Jadi, setelah lulus nanti, kamu tidak akan merasa kaget lagi dan menjadi lebih mudah untuk beradaptasi.

 

4.    Lulusan pendidikan vokasi tidak kalah saing dengan lulusan S1
Lulusan sarjana maupun pendidikan vokasi, pada dasarnya memiliki peluang untuk dapat bersaing di dunia kerja. Bahkan, saat ini rasanya beberapa perusahaan justru menyaring pelamar kerja berdasarkan pengalaman dan kemampuan mereka.

 

5.    Para pengajarnya merupakan orang yang kompeten di bidangnya
Biasanya, yang mengajar di pendidikan vokasional adalah orang-orang yang pernah terjun langsung dan paham betul dengan bidangnya. Sedangkan dosen S1 biasanya merupakan pengajar yang lebih fokus ke ranah penelitian dan pengajaran di suatu bidang tertentu.

Komentar

250 Karakter tersisa