5 Cara Memanfaatkan Media Sosial untuk Meningkatkan Karier

Foto: Unsplash

 

Schoolmedia News, Jakarta – Selama hampir satu tahun, pandemi virus corona telah mengubah pola kehidupan masyarakat di berbagai bidang, termasuk perekonomian dan bisnis, sosial, politik, pendidikan dan teknologi. Dilansir dari The New York Times, Rabu (30/12/2020) salah satu dampak utama pandemi virus Corona adalah perubahan besar pada cara masyarakat dalam menggunakan internet.

Bermain media sosial merupakan hal yang menyenangkan. Salah satu manfaat dari media sosial adalah untuk berkomunikasi dengan banyak orang dari berbagai belahan dunia. Selain itu juga ada banyak hal positif yang dapat dipetik dari media sosial. Bahkan media sosial juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan karier kamu.

Berikut cara memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan karier yang Schoolmedia News rangkum dari berbagai sumber.

 

1.    Pamer karya
Lewat sebuah penelitian yang dilakukan oleh Catalyst, dari semua strategi yang digunakan oleh para wanita karier, memamerkan hasil kerja mereka punya dampak yang sangat besar. Maka, manfaatkanlah media sosial sebagai wadah untuk pamer karya. Proyek kantor Jangan lupa untuk menuliskan kontribusi kamu dalam proyek tersebut. Itu bisa memudahkan orang lain jika ingin melihat portofolio.

 

Baca juga10 Kota Paling Dingin di Dunia, Ada yang Minus 40 Derajat

 

2.    Buat LinkedIn Blog
LinkedIn memiliki blog dimana kamu bisa menuliskan cerita kesuksesan dengan lengkap dengan disertai foto-foto pendukung. Sebab sudah terbukti ada banyak orang yang sukses mendapatkan pekerjaan dan promosi berkat kisah yang dibagikannya lewat blog LinkedIn. 

 

3.    Buat hashtag sendiri
Kamu bisa membangun sebuah komunitas kecil yang bertujuan baik dengan bermodalkan satu buah hashtag. Jadi, pada setiap foto kegiatan amal yang kamu lakukan, jangan lupa sisipkan hashtag tersebut. Hal itu dapat menjadi sebuah identitas sekaligus ajakan bagi orang lain untuk melakukan kegiatan baik bersama. Ujung-ujungnya, kalian bisa bertemu, berkumpul, dan membuat kegiatan yang jauh lebih besar dan bermanfaat. Tuliskan hashtag tersebut di profil media sosial sebagai tanda pengenal sekaligus memudahkan orang lain jika ingin melihat aneka kegiatan baik kamu.

 

4.    Kembangkan hubungan dengan jurnalis di Twitter
Jalin hubungan dengan jurnalis via Twitter. Jangan hanya like atau retweet tulisan mereka, tapi juga berikan komentar atau pendapat kamu tentang hal tersebut. Terutama dalam pembahasan yang dekat dengan dunia kerja kamu. Jika mereka membalas dan kamu sudah dapat perhatiannya, pertahankan hal itu. Saat media mereka membutuhkan komentar berkualitas dan kamu dilihat memenuhi kriteria tersebut, maka bersiaplah untuk jadi narasumber mereka dan diekspos media.

 

5.    Pertahankan kehadiran di media sosial
Tidak hanya dengan rutin mengunggah konten saja, tapi juga lewat pembahasan yang bermutu. Jika kamu seorang pengacara, maka bicarakan tentang dunia advokat. Jika kamu seorang koki, berikan tips memasak yang masih belum diketahui orang. Jangan membahas hal-hal di luar keahlian kamu.

Komentar

250 Karakter tersisa