4 Tips Agar Obrolan Menjadi Lebih Berkesan

Foto: Pixabay

 

Schoolmedia News, Jakarta - Setiap orang pasti pernah merasakan canggung saat memulai percakapan dengan orang baru. Faktornya ada banyak, ada yang tidak tahu caranya memulai percakapan, bingung memilih topik, hingga tidak tahu bagaimana caranya merespon lawan bicara. Hal-hal semacam itu tentunya bisa membuat percakapanmu menjadi tidak menyenangkan. Meski begitu, ada juga orang yang sangat piawai dalam membangun percakapan meskipun dengan orang yang baru pertama kali bertemu.

Jika kamu ingin memiliki kemampuan seperti itu, kamu bisa mengasah skill berkomunikasimu menjadi lebih baik. Hal itu bukan mustahil karena pada dasarnya setiap orang bisa belajar bagaimana caranya membuat percakapan yang lebih berkesan. Berikut tips yang bisa kamu lakukan agar percakapanmu dapat lebih berkesan seperti Schoolmedia News rangkum dari berbagai sumber.

 

1. Fokus pada Minat Lawan Bicara

Ketahuilah bahwa percakapan terbaik selalu dimulai dengan menunjukkan minat orang lain. Temukan topik seperti apa yang mungkin disukai lawan bicaramu. Pancing lawan bicaramu untuk mengatakan hal-hal yang dia senangi dan tunjukkan ketulusan dengan memberikannya pujian atau respon yang positif terhadap hal tersebut. Ya, pembicara yang hebat selalu menunjukkan ketulusannya pada orang lain. Perhatikan hal-hal kecil tentang lawan bicaramu, gunakanlah hal tersebut untuk membangun percakapan yang menarik.

 

Baca juga5 Bandara Ternyaman di Dunia, Bikin Betah Berlama-lama

 

2. Mendengarkan Secara Aktif

Fokuslah saat orang lain sedang berbicara padamu. Banyak orang yang justru memikirkan topik yang akan mereka katakan selanjutnya ketika orang lain sedang berbicara. Jika hal ini terjadi pada diri kamu, segera lupakan hal itu dan paksalah diri kamu untuk fokus mendengarkan. Kamu dapat berlatih dengan menghabiskan waktu bersama pasangan atau temanmu, lalu berikan respon baik secara verbal atau non verbal (gestur, mimik wajah). Tunjukkan pada lawan bicaramu bahwa kamu sedang memperhatikannya dan sangat tertarik dengan apa yang sedang ia bicarakan.

 

3. Buat Obrolan Menjadi Lebih Dalam

Mungkin kamu pernah bertemu seseorang, yang jika kamu berbicara dengannya, kamu merasa tidak keberatan untuk mengungkapkan hal-hal yang biasanya tidak akan kamu ungkapkan kepada orang lain. Jika kamu bertemu dengan orang yang seperti itu, kemungkinan orang tersebut pandai membuat orang lain merasa diperhatikan. Coba kamu perhatikan, orang-orang seperti itu akan merespon perkataanmu dengan nada dan ekspresi yang membuatmu nyaman untuk terus berbicara. Wajahnya akan berbinar setiap kali kamu berbicara tentang hal-hal yang kamu senangi. Sebaliknya, wajahnya akan menjadi serius dan sedih saat kamu sedang membagikan kabar buruk. Cobalah tiru hal ini untuk membuat obrolan menjadi lebih dalam.

 

4. Pertimbangkan Situasi dan Kondisi

Jangan pernah memulai percakapan jika kamu sebenarnya tidak punya banyak waktu untuk mendengarkan orang lain. Selain itu, hindari tempat-tempat yang bising dan banyak orang karena itu bukanlah tempat yang tepat untuk melakukan percakapan yang menyenangkan. Obrolan yang berkesan akan lahir dari suasana yang bebas, tanpa tekanan serta gangguan. Cari tempat-tempat tenang seperti coffee shop atau taman, lalu mulailah percakapan dengan santai tanpa harus terburu-buru. 

Komentar

250 Karakter tersisa